Minggu, 03 Februari 2019



Nama saya Holida saya berasal dari daerah Sumenep, Madura. ikhlas adalah berbuat sesuatu yang hanya ditujukan kepada Allah (Ikhlas karena Allah). lawan  kata dari ikhlas adalah riya'. ikhlas disini memiliki arti tujuannya hanya kepada Allah artinya tidak berniat untuk seperti di pamerkan, sedangkan riya' memiliki arti ingin dipuji seperti punya barang mewah sedikit rasanya ingin di pamerkan, dan memberi makanan  kepada orang lain hanya untuk di puji, Hal yang semacam riya' ini harus ditinggalkan bagi kita semua. keutamaan ikhlas adalah apabila kita berbuat segala sesuatu dengan penuh sabar dan ikhlas pasti Allah akan membalas dari semua yang dilakukannya oleh kita.
mungkin ikhlas itu sangat sulit bagi kita, tapi meskipun kita sedikit ragu dengan apa yang kita yang kita kerjakan kita harus tetap mengucapkan aku harus ikhlas ( dalam artiyan kita harus paksakan sendiri supaya kita juga tidak kepikiran dengan apa yang kita kasih ).
ikhlas disini hampir sama dengan sabar maka sering dikaitkan dua nama tersebut antara ikhlas dan sabar.
kita sebagai ummat muslim harus peduli kepada saudara-saudara kita masih  banyak orang-orang lain yang membutuhkan makanan, pakaian dan sebagainya, jadi kita tidak boleh berfoya-foya dalam urusan dunia yang harus kita tanamkan adalah hati yang berakhlaq mulia dan jiwa yang bersih. Karena yang dibutuhkan apabila kita semua telah meninggal yang ditanyakan adalah keimanan kita sebagai ummat muslim bukan harta kita. Maka berpandai pandailah dalam segala urusan apalagi dalam urusan Agama.
Kita sebagai ummat muslim tidak boleh mudah putus asa. seperti halnya malas dalam belajar, bekerja, melakukan hal yang baik dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Feature

Pulau Gili Labak Sumenep- tarif tiket wisatawan ke Pulau Gili Labak lumayan harganya sangat terjangkau selain bisa meniknati keindahan...